Sabtu, 23 Juni 2012

Jeruk Kingkit: Pereda Batuk di Musim Hujan

Jeruk kingkit lebih dikenal karena bentuk pohonnya yang bagus sehingga banyak digunakan sebagai tanaman hias. Namun hanya sedikit yang mengetahui bahwa buah jeruk kingkit juga memiliki khasiat kesehatan.
Serat Centini menyebut putri keraton menggunakan buah jeruk kingkit untuk merawat kuku. Tumbuhannya digunakan sebagai pohon peneduh atau pembatas jalan di Kepulauan Seribu. Selain itu jeruk kingkit juga biasa dibonsai. Buah Triphasia trifoliata berkhasiat sebagai obat batuk dan daunnya untuk obat sakit perut.
Anda dapat mencoba resep untuk mengatasi batuk dengan bahan jeruk kingkit. Caranya sederhana. Ambil segenggam jeruk kingkit yang sudah matang dengan ciri warna merah tua. Bersihkan sebelum diolah , lalu tuangkan 1 gelas air panas dan masukkan jeruk kingkit ke dalamnya. Biarkan sekitar 5-10 menit. Campurkan madu murni jika ingin rasa manis alami.Bagi penderita kencing manis, konsumsilah tanpa pemanis madu atau gula.
Sedangkan resep alami untuk mengatasi diare dengan menggunakan bahan herbal jeruk kingkit sbb. Sediakan daun jeruk kikit 7 lembar; Air 110 ml, Direbus sampai mendidih selama 15 menit, Diminum 3-4 kali sehari. Berikut adalah artikel selengkapnya :
Jeruk Kingkit: Pereda Batuk di Musim Hujan

1 komentar:

  1. Makasih ya atas infonya sangat menarik dan dapat menambah pengetahuan, salam kenal dari Kolang kaling sirup

    BalasHapus